Minggu, 22 Juli 2012

bagaimana mengatasi stress ?

Pernahkah Anda mendapati wajah Anda terlihat tidak menarik seperti hari-hari sebelumnya? Pernahkah Anda merasa krisis percaya diri dengan sebab yang tidak jelas? Mengalami kelelahan kronis? Merasa sulit untuk tersenyum? Merasa begitu sensitif dan mudah marah? Tidak memedulikan penampilan seperti biasanya? Mengalami kemunduran dalam pergaulan? Sulit berkonsentrasi pada pelajaran atau pekerjaan? Itu artinya Anda sedang stress?

Stress adalah perasaan tertekan, perasaan tertekan ini membuat orang mudah tersinggung, mudah marah, konsentrasi terhadap pekerjaan menjadi terganggu. Lingkungan bisa menjadi sumber stress bagi orang, karena tuntutan menghadapi keinginan atau target tertentu dan konflik-konflik yang lainnya bisa menimbulkan stress.

beberapa sumber artikel yang saya sempat ketahui menyebutkan :
- Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
- Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
- Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih saya perkirakan sama.

saya akan membagikan beberapa tips mengatasi stres tersebut :
diantaranya


  1. Relaksasi >> Relaksasi dapat anda lakukan dengan membuat pikiran kita merasa nyaman dan tenang. Terima semua perasaan sedih, kecewa, atau marah yang anda rasakan dan pasrahkan segala penyelesaiannya pada Tuhan. Ucapkan pada diri anda ? Saya ikhlas, saya pasrah? berulang kali. Tentu saja perlu diiringi dengan banyak berdzikir dan berdoa akan semakin membuat anda lebih relaks. Tips ini merupakan cara ampuh menghilangkan stres yang dapat dilakukan oleh semua orang.
  2. Positive Thinking/Berpikir Positif >> Berpikir positif sangat perlu sekali dilakukan dan obat manjur untuk mengatasi stres. Ambil sisi positif dari setiap apapun yang terjadi dan anda alami. Yakini bahwa setiap peristiwa sekecil apapun yang terjadi pada diri anda adalah atas kehendak Tuhan dan yang terbaik diberikan oleh Tuhan untuk kita. Semakin banyak kita ambil sisi positifnya stres pun akan semakin cepat hilang dari hidup kita.
  3. Tertawa >> Tertawa adalah hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sepele tapi manfaatnya sangat besar untuk mengatasi maupun menghilangkan stres yang anda alami. Tapi perlu diingat tertawa disini bukan berarti menganjurkan untuk ketawa ketiwi sendiri, melainkan dengan cara menghibur diri dengan tertawa melalui hiburan-hiburan yang anda sukai.
  4. Berteriak >> Berteriak kelihatannya menjadi solusi yang aneh untuk mengatasi stres, tapi tips ini sangat manjur dipake oleh sebagian besar orang. Tentu saja, berteriak dapat anda lakukan di pantai, atau di ruang kedap suara jadi tanpa menganggu orang lain.
  5. Curhat >> Menceritakan masalah kepada orang-orang yang dekat dengan kita baik itu sahabat, saudara, orang tua, guru, maupun pasangan kita sangatlah mujarab untuk mengatasi atau menghilangkan stres. Menyimpan masalah bukanlah solusi yang baik, jadi lebih baik kita buang saja ?sampah? masalah yang akan memberatkan ransel kehidupan kita.
nah itulah beberapa cara untuk mengatasi stress yang dimuat oleh zondim.com. silahkan pilih dan atur bagaimana anda bisa membagi atau membuat management stres yang baik.
semoga kita termasuk orang orang yang dilindungi oleh allah SWT.

6 komentar:

  1. tips yang menarik nih, sy msih tinggal di kampung, jadi kalo berteriak tinggal pergi ke tengah sawah atau ke hutan

    blognya keren Gan, salam

    BalasHapus
  2. iya gan,, hehehe. terimakasih gan.. salam sukses gan.

    BalasHapus
  3. Kerjaan yang menumpuk membuat kiya stress Mas,apalagi tambah dengan masalah dpr yang semrawut,modar kowe,hehe.
    Nice share,thanks ya,semoga kita termasuk orang orang yang dilindungi oleh allah SWT,amin.

    BalasHapus
  4. benar jg sobat ternyata ada 5 cara untuk mengatasi stress yang dimuat dan kita bisa diatur bagaimana bisa membagi atau membuat management stres yang baik.

    Terima kasih banyak sobat, semoga saja kita semua memang termasuk orang orang yang dilindungi oleh allah SWT.
    salam ramadlon sobat...

    BalasHapus
  5. oke sahabat semua, semoga bermanfaat ya.. salam sukses

    BalasHapus

please do not spam right now !!!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.